Mengembalikan Fungsi Trotoar – Di Indonesia, penggunaan trotoar sebagai tempat atau area berdagang sudah seperti jamur saat musim hujan. Satu tumbuh, maka yang lainnya akan berkembang. Ambil contoh saja kota Yogyakarta. Trotoar di hampir seluruh jalan kota pelajar itu dipenuhi oleh tempat makan. Akan semakin banyak terlihat saat malam hari. Ini merupakan pemandangan yang sudah biasa namun salah.

Trotoar yang sejatinya sebagai jalur khusus untuk pejalan kaki, kini menjadi spot yang strategis bagi para pedagang untuk membuka lapak. Meskipun elevasi trotoar sudah ditinggikan, namun cara itu tidak ampuh untuk mengatasi para pedagang yang nakal. Mereka tetap berdagang di trotoar meskipun sudah disiasati.

Pemberlakuan undang-undang dan sanksi juga diberikan untuk mengembalikan fungsi trotoar sebagai jalur pejalan kaki. Berbagai cara sudah dilakukan pemerintah daerah untuk melindungi trotoar dan mengembalikan fungsinya sebagaimana mestinya.

Beberapa cara untuk mengembalikan fungsi trotoar antara lain:

  1. Kesadaran diri akan fungsi trotoar yang sebenarnya
  2. Larangan dan sanksi berupa undang-undang
  3. Pelebaran jalan
  4. Elevasi trotoar lebih tinggi dari jalan
  5. Penggunaan tiang pelindung trotoar atau bollard

Untuk melindungi trotoar dari para pengguna jalan tak bertanggung jawab, penggunaan bollard menjadi solusi yang terbaik. Bollard merupakan sebuah fasilitas jalan dan trotoar berupa tiang pembatas yang berfungsi untuk melindungi area dari kendaraan atau perangkat lainnya.

Bollard pembatas jalan biasanya berukuran tinggi 150 cm dengan bahan bollard dari stainless steel. Dengan bollard jalan berukuran tinggi 150 cm, kendaraan mobil dan bahkan gerobak dagang tidak akan bisa masuk ke area yang didindungi. Terlebih lagi, Bahan stainless steel terkenal dengan bahan yang kuat dan keras sehingga para pejalan kaki yang berada di trotoar akan terlindungi juga.

Di beberapa pusat kota di Indonesia sudah mulai dipasang bollard pada trotoar karena ketegasan pemerintah daerah terhadap pengendara dan khususnya para pedagang yang nakal. Kasus kecelakaan yang dialami pengguna jalan di trotoar juga menjadi pemicu sebagaimana pentingnya keberadaan bollard pada trotoar.

Untuk kebutuhan berbagai jenis bollard untuk trotoar dan pedestrian, silahkan hubungi KONTAK kami.