Bollard Street Barrier | Tiang Pembatas Trotoar

fungsi bollard jalan

Dengan bertambahnya kendaran pribadi yang dimiliki masyarakat Indonesia, tingkat kemacetan di jalan semakin tidak terhindarkan. Saat ini, setiap individu atau setiap anggota keluarga pasti memiliki kendaraan pribadi sendiri-sendiri, baik motor maupun mobil. Kondisi seperti ini akan menambah volume kendaraan di jalan raya terlebih saat hari-hari yang dianggal “sacral” oleh anak muda yakni malam minggu, ataupun hari-hari libur dan weekend.

Kota-kota tersebut memang menjadi destinasi wisata sehingga saat weekend dan libur panjang, tidak menampik jika kemacetan akan terjadi di beberapa titik jalan. Berbagai cara telah dilakukan pemerintah daerah dan petugas lalu lintas. Tidak sedikit juga dari para pengendara khusunya pengendara roda dua yang menggunakan trotoar sebagai alternatif menghindari kemacetan. Dari cara itu memang kemacetan sedikit berkurang namun tetap trotoar bukan jalur kendaraan.

Adanya trotoar sejatinya memang dibuat sebagai jalur untuk para pejalan kaki. Namun, jika melihat kondisi sekarang ini, trotoar memiliki fungsi ganda yakni selain sebagai jalur pejalan kaki, trotoar juga digunakan untuk lahan parkir dan tempat berdagang. Pengfungsian ganda secara sepihak ini basically mencuri hak para pejalan kaki. Lalu bagaimana cara melindungi trotoar agar tidak digunakan sebagai lahan parkir liar atau tempat berdagang?

Tiang Pembatas Trotoar

Berbagai cara telah dilakukan agar aktivitas berdagang atau parkir tidak dilakukan di trotoar. Pemberlakuan undang-undang dan sanksi pun telah ditetapkan namun tetap tidak membuat mereka jera. Cara yang paling efektif adalah dengan menempatkan sebuah street barrier atau pembatas. Pembatas ini berupa tiang yang disebut dengan bollard yang dipasang berjejer di sepanjang trotoar dengan jarak antar tiang tidak terlalu jauh.

Pemasangan tiang bollard pada trotar sangat ampuh dalam mengatasi kendaraan roda dua dan gerobak dagang agar tidak masuk ke dalam trotoar. Bollard pembatas jalan ini juga bisa digunakan untuk mengamankan suatu area seperti taman atau tempat wisata. Bollard jalan buatan Kembar Teknika ini sudah terpasang untuk mengamankan area taman makam Bung Karno di Blitar, Jawa Timur.

Area taman makam Bung Karno tersebut kini benar-benar diamankan sehingga tidak sembarang kendaraan bisa masuk ke area taman makam, khusunya mobil. Bollard tiang pembatas jalan tersebut terbuat dari bahan stainless steel dengan beberapa pelengkap yang terbuat daric or logam (cast iron). Tiang pembatas jalan ini bisa dilepas dan dipasang dengan mudah, kemudian juga dapat dikunci agar tidak hilang.

Trotoar, taman, dan tempat wisata bisa anda amankan dari parkir liar ataupun pedagang nakal dengan memasang bollard tiang pembatas area. Informasi lengkap mengenai bollard jalan, bollard trotor, dan juga bollard dermaga silahkan HUBUNGI KAMI di 082226663377.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *